Selasa, 26 April 2011

APA ITU BRONCHITIS?

PERTANYAAN
Assalamualaikum… Dok, saya mau nanya, apakah penyakit bronchitis itu adalah penyakit yang menular? Berbahayakah? Trus, untuk mengobati penyakit bronchitis gimana? (Ita di bumi Allah)

JAWABAN
Wa’alaikum salam,
Bronchitis adalah peradangan di saluran bronchus (saluran ke paru-paru), penyakit ini biasanya bersifat ringan dan bisa sembuh dengan sempurna, sebagian bisa berlanjut ke infeksi yang lebih dalam yaitu ke paru-paru yang disebut dengan pneumonia.
Bronchitis bisa disebabkan oleh beberapa hal: alergi, infeksi (infeksi bisa karena virus, bakteri), atau iritasi benda asing (asap rokok, debu). Kalau bronchitisnya dikarenakan infeksi baik oleh karena bakteri maupun virus ini akan bisa menular namun kalau karena alergi dan iritasi tidak akan menular tapi akan mempermudah untuk terjadi infeksi.
Bronchitis berbahaya manakala tidak segera dideteksi dan diobati, karena akan berlanjut ke infeksi yang lebih dalam ke organ paru dan pengobatannya akan lebih sulit.
Untuk pengobatannya tergantung penyebabnya, dan dokterlah yang bisa menentukan, biasanya diperlukan pemeriksaan laboratorium dan foto rontgen thorak (dada).  Kalau disebabkan oleh bakteri, pengobatan dengan antibiotik diperlukan, namun bila karena alergi antibiotik tidak dianjurkan.
Yang perlu diperhatikan adalah bagaimana mencegah agar tidak terkena bronchitis. Yaitu dengan melatih kebiasaan sehat, misal menggunakan masker saat berkendara sepeda motor, atau saat mengidap influenza sehingga tidak menular ke orang lain. Kenali diri bagi yang mempunyai riwayat alergi dengan allergen tertentu dan hindarilah.
                    

6 komentar:

  1. Saya mau tanya dok ?

    BalasHapus
  2. permisi dok,
    saya hanya ingin memberikan sedikit saran tentang cara untuk mengobati bronchitis yang masih bersifat ringan yaitu bisa dengan setiap pagi sekitar pukul 05.00-07.00 menghirup udara laut dan dilakukan secara terus menerus..
    mohon apabila ada salah atau kekurangan silahkan dikritik saja.
    Terimakasih..

    BalasHapus
  3. kita juga punya nih artikel mengenai 'Gaya Hidup', silahkan

    dikunjungi dan dibaca , berikut linknya
    http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/3608/1/JURNAL.pdf
    trimakasih
    semoga bermanfaat

    BalasHapus
  4. Dokter...saat ini saya sdg dilanda Bronchitis..saya sdh berobat..dan sedang menjalani pengobatan tsb..bukan Radang Paru kt dokter yang memeriksa saya..hanya Radang Saluran Pernapasan..lokasi Rumah saya berada di Pinggir jln Raya..dan setiap hari saya menghirup Debu dan Asap knalpot..dan setiap hari juga saya harus menahan Bersin yang membuat sakit Perut saya..jika sudah bersin2 sy bisa 15 mnt baru Reda..apa yang hrs saya lakukan dok..utk pindah Rumah tdk mungkin..krn sy tdk punya uang..dan lokasi rumah saya merupakan sumber mata pencaharian bagi keluarga saya..mohon saran dokter..trm ksih..

    BalasHapus